Analisis Penyuluhan Analisis Usaha Tani dan Budidaya Jagung dan Padi Hibrida



Minggu, 05 Agustus 2018
Bangkalan- Peserta KKN Tematik kelompok 31 melaksanakan salah satu program kerja penyuluhan tentang analisis usaha tani dan budidaya jagung hibrida. Penyuluhan ini dilakukan di Dusun Karang Rabeh yang diikuti oleh para warga yang berprofesi sebagai petani. Kebanyakan petani di desa ini mempunyai sawah yang luas. Akan tetapi, sawah hanya ditanami padi saja meskipun hanya beberapa yang ditanami sayuran. 

Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada para petani, bahwa sawah mereka dapat ditanami jagung karena tanah mereka sangat cocok. Dalam kelebihan tersebut, ada kendala yang dihadapi oleh petani apabila menanam jagung. Kendala tersebut adalah ketika musim panen jagung tersebut tidak bisa dijual karena tidak ada pengepul yang mau membelinya. Sehingga, bukannya keuntungan yang didapat petani melainkan kerugian. Hal tersebut yang membuat petani enggan untuk menanam tanaman selain padi. Dengan penyuluhan ini diharapkan dapat menarik minat warga untuk menanam jagung.

Meskipun demikian warga menurut warga menaman jagung tidak cocok di Karang Anyar. Acara penyuluhan tersebut berjalan dengan lancar dilihat dari banyaknya petani yang hadir dan aktif dalam sesi tanya jawab. Dengan begitu, program ini dapat menambah wawasan bagi petani untuk lebih dapat memanfaatkan peluang yang ada.

Komentar