Diba'an rutin bersama ibu-ibu warga desa karang anyar


Rabu, 25 Juli 2018.
Bangkalan, Diba'an adalah tradiri membaca atau melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad saw yang biasanya dilakukan oleh masyarakat NU. Acara diba'an di desa   anyar ini dilakukan rutin setiap hari rabu malam kamis, acara ini dilaksanakan oleh ibu-ibu masyarakat karang anyar. Pembacaan sholawat dilakukan secara bergantian dan biasanya menirukan nada sebuah lagu.

Selain pembacaan diba'an ditambah juga dengan pembacaan surah Yasiin.  Peserta KKN 31 mengikuti kegiatan diba'an secara rutin setiap minggunya. Acara diba'an ini juga dapat digabung dengan acara lainnya, seperti pada minggu pertama kami mengikuti diba'an. Saat itu acara diba'an digabungkan dengan acara 40 hari dan aqiqohan. 

Diba'an ini dilakukan diirumah warga secara bergiliir, untuk ibu-ibu ditempatkan dimushola rumah sedangkan untuk anak-anak ditempatkan dihalaman rumah warga. Hal itu dilakukan agar saat pembacaan diba'an ibu-ibu dapat khidmat membacanya tanpa terganggu ramainya anak-anak.

Tidak hanya ibu-ibu saja yang mengikutinya anak-anak, remaja putri dan anggota KKN 31 juga mengikuti acara tersebut. Diba'an ini dilakukan untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad saw.

Komentar